Pengertian Internet Menurut Ahli

Pengertian Internet Menurut Ahli - Internet (inter-network) merupakan jaringan yang menggabungkan beberapa komputer yang terhubung dalam sebuah internet protocol (IP) yang mencakup secara luas ke seluruh dunia. Internet terdiri dari ratusan bahkan ribuan ja­ringan komputer (computer network) mulai dari jaringan akademik, institusi, perusahaan, pemerintahan dan sebagai-nya. Jaringan tersebut membawa informasi dan beberapa la­yanan seperti email, chatting, transfer file, web (WWW = World Wide Web). Internet berbeda dengan WWW (World Wide Web).

Saat ini ada tiga pendapat yang mengatakan pengertian Internet

1. Pengertian Internet adalah sebuah singkatan dari kata International Network, Internetworking dan Interconnected Network. Namun dari penelusuran penulis, beberapa ahli cendrung menyebutnya sebagai interconnected network karena fungsinya yang menghu­bungkan jaringan dari jaringan-jaringan komputer yang ada didunia. Namun perlu diingat, bahwa jaringan yang terbentuk bukanlah bersifat terpusat, sehingga apabila satu komputer atau satu jaringan yang terputus, tidak akan mengganggu koneksi komputer atau jaringan yang lainnya.

2. Pengertian Internet Menurut Wikipedia

Berikut definisi Internet yang lengkap dari website wikipedia.org:
The Internet is a worldwide, publicly accessible series of interconnected computer networks that transmit data by packet switching using the standard Internet Protocol (IP). It is a "network of networks" that consists of millions of smaller domestic, academic, business, and government networks, which together carry uarious information and semices, such as electronic mail, online chat, file transfer, and the interlinked web pages and other resources of the World Wide Web (WWW).
Kurang lebih artinya sama yang diatas.

3. Pengertian Internet adalah rangkaian hubungan jaringan komputer yang dapat diakses secara umum diseluruh dunia, yang mengirimkan data dalam bentuk paket data berdasarkan standar Internet Protocol (IP). Lebih dalam lagi, Internet adalah kumpulan jaringan dari jaringan-jaringan komputer dunia yang terdiri dari jutaan unit-unit kecil, seperti jaringan pendidikan, jaringan bisnis, jaringan pemerintahan dan lain-lain, yang secara bersama menyediakan layanan informasi seperti e-mail, online chat, transfer file dan saling keterhubungan (linked) antara satu halaman web dengan sumber halaman web yang lainnya.

Kesimpulan dari Pengertian Internet

Pengertian Internet Menurut Ahli
Dari defenisi internet di atas, dapat disimpulkan bahwa layanan utama Internet sebagai media untuk:
  1. Menyebarkan dan memperoleh informasi, umumnya disajikan dalam bentuk website, informasi dapat berupa teks, grafik, suara, video atau dalam bentuk file yang dapat di-download.
  2. Berkomunikasi, baik melalui media chatting berbasis teks (IRC), grafik (Yahoo Messenger), maupun berkomunikasi suara (Skype), layaknya menggunakan telepon kabel.
  3. Berkirim Surat (email).
  4. Bertukar data, salah satunya dengan menggunakan aplikasi FTP, website, maupun koneksi peer to peer.
  5. Remote Login, mampu mengeksekusi komputer dari jauh (telnet)
  6. IP (Internet Protocol), sehingga kombinasi dua protokol inilah yang disebut saat ini sebagai TCP/IP.
Jadi secara sederhana pengertian internet adalah gabungan ja­ringan komputer yang dihubungkan dengan kabel tembaga, kabel fiber optic, atau wireless (tanpa kabel) dan sebagainya. Sedangkan Web atau WWW adalah dokumen atau informasi yang saling berhubungan yang dihubungkan melalui hyper-link atau URL (Uniform Resource Locator). WWW dapat di­akses melalui internet dan biasanya memberikan fasilitas la­yanan seperti email, chatting, FTP (transfer file) dan sebagai­nya.

Demikianlah artikel terbaru tentang beberapa pengertian internet menurut ahli, semoga bermanfaat.


Thanks for reading: Pengertian Internet Menurut Ahli | Ukuran spandek

0 Response to "Pengertian Internet Menurut Ahli"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.