AMDAL : Dokumen AMDAL

Diposkan oleh Belajar Psikologi on Friday, February 1, 2013
AMDAL : Dokumen AMDAL - Dalam proses AMDAL terdapat dokumen AMDAL, pihak terkait penyusun AMDAL dan melalui tahapan-tahapan atau prosedur AMDAL yang diatur dalam peraturan perundangan.

Permasalahan AMDAL terus menyeruak akhir-akhir ini. Bukannya semakin hilang namun semakin tampak ketidaktransparanannya. Dokumen AMDAL terkesan dibuat dengan asal-asalan dan tidak memperhatikan dampak lingkungan. Ada beberapa hal yang perlu di ketahui tentang dokumen AMDAL.

Dokumen AMDAL diajukan bersama-sama untuk dinilai oleh Komisi Penilai AMDAL. Hasil penilaian inilah yang menentukan apakah rencana usaha dan/atau kegiatan tersebut layak.

AMDAL : Dokumen AMDAL

Dokumen AMDAL terdiri dari beberapa bagian:


1. Dokumen kerangka acuan analisis dampak lingkungan (KA-ANDAL). 

2. Dokumen analisis dampak lingkungan. 

3. Dokumen rencana pengelolaan lingkungan hidup (RKL). 

4. Dokumen rencana pemantauan lingkungan hidup (RPL).

Pihak-pihak terkait dalam penyusunan AMDAL


1. Pemrakarsa

Orang atau badan hukum yang bertanggung jawab atas suatu rencana usaha/ kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam penyusunan studi AMDAL, pemrakarsa dapat meminta jasa konsultan untuk menyusun¬kan dokumen AMDAL. Penyusun dokumen AMDAL harus telah memiliki sertifikat Penyusun AMDAL dan ahli di bidangnya.

2. Komisi penilai

Komisi yang bertugas menilai dokumen AMDAL.

3. Masyarakat yang berkepentingan

Masyarakat yang terpengaruh atas segala bentuk keputusan dalam proses AMDAL berdasarkan alasan-alasan seperti kedekatan jarak tinggal dengan rencana usaha dan/atau kegiatan, faktor pengaruh ekonomi, perhatian pada lingkungan hidup, dan/atau faktor pengaruh nilai-nilai atau norma yang dipercaya. Masyarakat berkepentingan dalam proses AMDAL dapat dibedakan menjadi masyarakat terkena dampak, dan masyarakat pemerhati.
AMDAL

Demikianlah Dokumen AMDAL semoga bermanfaat.



Jika anda suka dengan tulisan ini, klik tombol like di bawah ini, Thanks

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 


PING  |  PING  |  PING