AMDAL : Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)

AMDAL : Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) - AMDAL sangat penting bagi kelangsungan lingkungan hidup. Reaksi terhadap dampak pembangunan terhadap kerusakan lingkungan memaksa kesadaran perlu adanya aturan untuk menjamin bahwa suatu pembangunan dapat beroperasi atau layak dari segi lingkungan, perlu dilakukan analisis atau studi kelayakan pembangunan tentang dampak dan akibat yang akan muncul bila suatu rencana kegiatan/usaha akan dilakukan.

Pengenalan AMDAL sangat penting diajarkan sejak dini untuk menanamkan tanggung jawab terhadap ling­kungan atas kegiatan atau usaha pembangunan yang diduga akan memberikan dampak terhadap lingkungan.

Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)

Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)


Pengertian AMDAL menurut  Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal 1 menyatakan: "Analisis mengenai dampak lingkungan adalah hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap ling­kungan hidup, yang diperlukan bagi proses pngambilan keputusan".

Pengertian AMDAL menurut PP no. 27 tahun 1999, definisi AMDAL ialah “Kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan”

Dampak lingkungan merupakan perubahan neto (baik atau buruk) dalam hal kesehatan dan kesejahteraan manusia (termasuk kelestarian ekosistem dimana manusia hidup) yang dihasilkan dari efek lingkungan dan berhubungan dengan perbedaan antara kualitas lingkungan yang akan terjadi "dengan" dan "tanpa" kegiatan yang sama. Efek lingkungan didefinisikan sebagai suatu proses (seperti erosi tanah, dispersi polutan, penggusuran manusia) yang dapat dipacu oleh kegiatan manusia. Indikator dampak adalah suatu unsur atau parameter yang menyediakan suatu ukuran (paling tidak secara kualitatif) besarnya dampak lingkungan.

Dampak lingkungan yang penting adalah perubahan lingkungan yang sangat mendasar yang diakibatkan oleh suatu kegiatan. Perubahan mendasar ini meliputi tiga kelompok besar, yaitu:
  1. Perubahan akibat suatu kegiatan yang (secara kumulatif) menghilang­kan identitas rona lingkungan awal secara nyata.
  2. Perubahan akibat suatu kegiatan yang menimbulkan ekses nyata pada kegiatan lain di sekitarnya.
  3. Perubahan akibat suatu kegiatan yang menyebabkan suatu rencana tata ruang atau sumber daya alam tidak dapat dilaksanakan secara konsisten lagi.


Cara penentuan dampak lingkungan adalah:


  1. Berdasarkan pengalaman empiris profesional (expert judgement).
  2. Perubahan dibandingkan dengan baku mutu lingkungan.
  3. Perubahan dibandingkan dengan sistem nilai, fasilitas, pelayanan sosial dan sumberdaya yang diperlukan.

Mengingat bahwa bangsa Indonesia dewasa ini sedang giat melaksanakan pembangunan di segala bidang, maka yang harus menjadi perhatian adalah bahwa pembangunan itu tidak boleh mengorbankan lingkungan.
Secara teoritik AMDAL merupakan bagian dari prosedur perizinan lingkungan. Materi peraturan pelaksanaan PP tentang AMDAL adalah dalam bentuk paket Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup, prosedur AMDAL ada beberapa proses atau prosedur AMDAL dan dalam penyusunan tersebut juga membutuhkan dokumen AMDAL.


Demikianlah Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)



Thanks for reading: AMDAL : Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan) | Ukuran spandek

0 Response to "AMDAL : Pengertian AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.